3 Tahapan Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba

Penyalahgunaan narkoba pastinya menjadi perhatian yang serius. Pemakai narkoba yang sudah mengalami kecanduan akan mendapatkan berbagai macam dampak buruk. Dampak buruk yang diakibatkan salah satunya ialah kerusakan syaraf pada otak.

tahapan rehabilitasi narkoba

Rehabilitasi pada pecandu narkoba merupakan salah satu upaya yang bisa ditempuh. Rehabilitasi bertujuan guna mengobati pecandu penyalahgunaan narkoba. Selain itu rehabilitasi  berguna supaya pemakai dapat kembali menjalani kehidupan sosial di tengah masyarakat. Dikutip dari Inilah.com, berikut kita simak mengenai tahapan rehabilitasi.

Tahapan Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba

Pemakai narkoba yang mengalami kecanduan akan melakukan rehabilitasi sosial dan medis. Cara tersebut dapat dilakukan oleh instansi pemerintah ataupun masyarakat.

Lembaga pemerintah yang ditunjuk untuk menyelenggarakan rehabilitasi pecandu narkoba ialah  Badan Narkotika Nasional (BNN). Berikut 3 tahapan rehabilitasi penyalahgunaan narkoba menurut BNN, antara lain:

Rehabilitasi Medis

Tahap pertama yang dapat dilakukan ialah memeriksa pecandu narkoba mengenai kesehatannya oleh tenaga medis profesional, baik dari segi kesehatan fisik maupun mentalnya.

Selanjutnya, dokter akan memberikan keputusan bahwa pecandu membutuhkan obat untuk mengobati gejala sakau yang pecandu derita atau tidak. Pemberian obat tersebut tergantung dengan jenis narkoba dan berat ringan gejalanya.

Rehabilitasi Nonmedis

Tahap yang kedua setelah pecandu terbebas dari gejalanya ialah rehabilitasi nonmedis. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya terapi kelompok, konseling, maupun kegiatan yang berhubungan dengan agama.

Terapi kelompok dapat dilakukan dengan cara mempertemukan para pecandu narkoba. Hal itu bertujuan agar mereka dapat saling memberikan dukungan satu sama lain untuk bebas dari narkoba. Sedangkan konseling berguna untuk membantu pecandu menemukan cara untuk mengatasi kecanduan narkoba. Konseling ini dapat dilakukan oleh psikolog atau tenaga ahli lainnya.

Bina Lanjut

Tahapan yang terakhir ialah memberikan kegiatan positif yang sesuai dengan pecandu sukai guna mengisi kesibukan sehari-hari. Lalu pecandu akan kembali berkegiatan kembali secara normal seperti sebelumnya, namun tetap berada dalam pengawasan BNN.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan pecandu penyalahgunaan narkoba sudah sembuh sepenuhnya dan dapat kembali dalam melakukan kegiatan seperti semula di tengah masyarakat.

Sebenarnya kecanduan narkoba bukanlah aib yang harus untuk disembunyikan. Jika anda ataupun orang sekitar anda mengalami gejala kecanduan penyalahgunaan narkoba, cepatlah melakukan rehabilitasi narkoba.

Rehabilitasi narkoba ini akan membantu pecandu bebas dari penyalahgunaan obat terlarang tersebut. Berikanlah dukungan dan temani mereka supaya tidak lagi melakukan hal yang sama. Anda juga dapat membaca mengenai rehabilitasi narkoba dan manfaatnya di website inilah.com. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan