Berapa Durasi Waktu Proses Pemulihan Rehabilitasi Bagi Pecandu Narkoba?

Seseorang yang kecanduan terhadap narkoba namun punya tekad kuat untuk lepas dari zat berbahaya tersebut tentu saja harus didukung dengan berbagai cara. Salah satu dukungan dari keluarga dan kerabat agar pecandu bisa lepas dari zat berbahaya adalah dengan membawanya ke pusat rehabilitasi.

Perlu diketahui saat rehabilitasi narkoba, ternyata punya durasi waktu tertentu mulai dari tahap awal sampai proses pemulihan. Meskipun sudah ditetapkan untuk waktu-waktu pemulihan pecandu narkoba, biasanya lama durasi bergantung juga pada diri si pecandu seberapa besar niatnya untuk lepas dan pulih.

Durasi Waktu Pemulihan Pasien Narkoba

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa berapa lama durasi waktu untuk menjalin rehabilitasi narkoba tergantung niat diri sendiri. Kemudian tergantung juga pada tingkat keparahan pecandu.

Namun perlu diketahui bahwa waktu rehabilitasi narkoba paling ideal adalah minimal 6 bulan dan bergantung pada seberapa parah efek obat-obatan tersebut terhadap fisik dan mental korban. Adapun durasi terapi bervariasi sesuai dengan tingkat ketergantungan, toksisitas dan profil psikologis pasien. Sebab sebelumnya dokter akan melakukan identifikasi apakah ada gangguan mental terkait kecanduan narkoba.

Ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi durasi rehabilitasi. Antara lain kesadaran pribadi orang tersebut, dimana semakin kuat niatnya untuk pulih maka proses rehabilitasi akan semakin cepat. Ada juga faktor dimana kenyamanan saat terapi ini berpengaruh ke pusat rehabilitasi narkoba yang dipilih. Kemudian ada pula dukungan dari orang-orang tercinta tidak hanya dari keluarga tapi juga teman-teman baru sesama pasien rehabilitasi.

Metode Penentuan Durasi Rehabilitasi Narkoba

Adapun durasi waktu untuk rehabilitasi narkoba ditentukan oleh metode yang dipakai pada pusat rehabilitasi. Umumnya ada tiga metode yang digunakan untuk rehabilitasi narkoba.

  • Tahap rehabilitasi medis, pada tahap ini pasien akan dihilangkan gejala sakau. Dimana tim medis akan membantu untuk menghilangkan efek pemberhentian konsumsi narkoba lewat obat-obatan dan tindakan medis tertentu. Adapun prosesnya bisa berlaku 2 minggu sampai 3 bulan tergantung jenis narkoba yang dikonsumsi.
  • Tahap rehabilitasi sosial, pada tahap ini proses rehabilitasi dilakukan bersamaan dengan rehabilitasi medis. Tujuan utama rehabilitasi sosial adalah untuk mengembalikan motivasi dan harapan hidup pasien penggunaan narkoba. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3 sampai 6 bulan agar pasien bisa pulih secara mental dan psikis setelah terapi dimulai.
  • Tahap bina lanjut, disebut juga dengan terapi after care. Pada proses ini pasien ditinjau kembali apakah sudah 100% lepas dari ketergantungan narkoba. Pada tahap ini pihak pusat rehabilitasi bekerja sama dengan keluarga untuk mengontrol kondisi korban saat melakukan aktivitas sehari-hari. Akan dilakukan pengawasan untuk korban mulai dari kegiatan bersekolah, kerja sampai bermain dan kegiatan interaksi dengan orang lain.

Sekarang tentu Anda sudah tahu berapa durasi waktu seseorang yang melakukan rehabilitasi narkoba sejak proses awal sampai pemulihannya. Untuk yang ingin melakukan rehabilitasi narkoba pastikan memilih pusat rehabilitasi terbaik.

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan