Larangan-Larangan yang Wajib Dipatuhi Saat Ibadah Umroh

paket umroh di Jakarta

Melaksanakan ibadah umroh merupakan peluang istimewa bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan diri dari dosa-dosa, dan memperoleh berkah serta keberkahan. Banyak travel umroh yang menawarkan paket umroh di Jakarta dengan harga terbaru yang sesuai standar Kemenag RI.

Akan tetapi, seperti ibadah lainnya, umroh juga memiliki peraturan dan larangan yang harus dihormati oleh para jamaah agar ibadah ini dapat berlangsung dengan tulus dan sempurna.

Berikut beberapa larangan selama beribadah umroh yang wajib dipatuhi oleh seluruh jamaah. Simak dengan seksama, ya!

Bertujuan untuk Berwisata

Tujuan utama umroh adalah ibadah, bukan sekadar wisata. Oleh karena itu, selama menjalankan umroh, jamaah diharapkan untuk menjaga niat suci ibadah ini dan tidak menganggapnya sebagai kesempatan untuk berlibur atau berwisata.

Menggunakan waktu untuk berbelanja, berkeliling, atau mengunjungi tempat wisata bukanlah tujuan utama umroh.

Berperilaku Tidak Pantas

Saat menjalankan umroh, jamaah harus menghindari segala bentuk perilaku tidak pantas, seperti berbicara kotor, bersikap kasar, atau melakukan tindakan yang dapat merusak citra kehormatan ibadah.

Ibadah umroh mengajarkan kesucian dan ketenangan jiwa, oleh karena itu perilaku yang tidak senonoh harus dihindari sepenuhnya.

Jamaah Laki-Laki Dilarang Memakai Pakaian Berjahit

Ihram adalah pakaian wajib yang harus digunakan saat menjalankan ibadah umroh maupun haji. Oleh karena itu, jamaah laki-laki dilarang menggunakan pakaian yang memiliki jahitan dan mengikuti lekuk tubuh, seperti kaos atau pakaian sehari-hari.

Selain itu, tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki atau kaos kaki yang menutupi mata kaki, serta penutup kepala seperti topi atau peci.

Jamaah Perempuan Dilarang Menutup Wajah

Jamaah perempuan memang diwajibkan untuk mengenakan busana yang menutupi aurat, namun tidak boleh menutupi wajah dengan masker atau cadar, kecuali dalam kondisi darurat seperti saat pandemi COVID-19.

Selain itu, dilarang juga menggunakan sarung tangan atau hal apa pun yang menutupi telapak tangan.

Selain larangan-larangan tersebut, terdapat pula daftar larangan selama ibadah umroh lainnya, antara lain:

  • Dilarang mengganggu dan mengejar binatang darat saat berihram.
  • Dilarang menggunakan wewangian pada tubuh dan pakaian, seperti parfum dan produk serupa yang bertujuan untuk memberikan aroma wangi. Minyak rambut juga dilarang.
  • Dilarang memotong kuku atau mencukur rambut pada tubuh selama berihram.
  • Dilarang merusak, mengukir, atau mencabut tanaman di Tanah Haram.
  • Dilarang melakukan lamaran, pernikahan, atau bersaksi atas pernikahan seseorang ketika berihram.
  • Dilarang melakukan rafats (bersetubuh) atau tindakan yang dapat menimbulkan nafsu syahwat.

Demikianlah ulasan mengenai larangan-larangan yang harus Anda patuhi selama beribadah umroh. Percayakan perjalanan umroh Anda bersama Nava Tours. Tersedia pilihan paket umroh di Jakarta yang bisa Anda pertimbangkan sesuai dengan budget yang ada.

Fasilitas akomodasi seperti hotel juga dekat dengan tempat ibadah dan sudah bintang 5. Nava Tours menggunakan pesawat Saudia Airlines, di mana pesawat tersebut langsung direct ke tujuan. Informasi selengkapnya bisa dilihat melalui laman navaumroh.com. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan