Sangat Mudah, Inilah Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Cara menghitung persen – Simbol persen sangat sering kamu temui di kehidupan sehari-hari. Bentuk yang paling umum  ditemui ialah ketika kamu melihat diskon yang tertera pada beberapa produk yang ada di toko pakaian. Mereka menggunakan persen untuk memberitahukan diskon dari harga aslinya.

Hal ini membuat kita harus menghitung hasilnya untuk mendapatkan harga yang akan kita bayarkan kepada kasir. Untuk memudahkan penghitungan kamu, ada satu alat yang pasti sudah kamu ketahui, yap benar kalkulator! Jangan lewatkan pembahasan bagaimana cara menghitung persen di kalkulator dengan mudah di artikel ini ya!

Ketahui Apa itu Persentasi

Persentase atau persen mempunyai arti ‘per seratus’ dan dinyatakan dalam pecahan angka 100% atau jumlah total. Tanda persen (%) atau disingkat ‘pct’ digunakan untuk menunjukkan persentase.

Secara umum, kamu bisa menghitung persentase dengan mengikuti cara berikut ini.

  • Tentukan jumlah total atau keseluruhan.
  • Bagi angka yang akan dihitung sebagai persen. Biasanya, kamu akan membagi angka yang lebih kecil dengan angka yang lebih besar.
  • Kalikan hasil yang didapat dengan angka 100.

Namun, hal ini bisa menjadi mudah apabila menghitungnya dengan kalkulator.

Cara Menghitungnya dengan Mudah

Mari kita coba memahami lebih jauh dengan sebuah contoh cara menghitung persen menggunakan kalkulator. Contohnya sebagai berikut.

25% of 40=10

Angka 10 ialah bagian 25% dari 40 yang merupakan angka keseluruhan. Dalam dunia matematika, biasanya dalam menghitung persentase salah satu suku akan hilang dan kamu harus bisa menemukannya. Jika pertanyaan yang muncul adalah “Berapa persentase 40=10?” kamu akan memiliki bagian (10) dan keseluruhan (40). Berarti, suku yang hilang adalah persentase.

Pertanyaan lainnya, “Berapa 25% dari 40?” kamu akan memiliki persentase (25) dan keseluruhan (40), jadi ‘bagian’ yang menjadi suku yang hilang. Dengan logika yang sama, jika pertanyaannya diubah menjadi “10 adalah 25% dari berapa?” maka, istilah yang hilang adalah keseluruhan.

Di setiap kalkulator listrik ataupun kalkulator yang ada di smartphone kamu, biasanya sudah terlengkapi dengan tombol persen. Sehingga, kamu bisa dengan sangat mudah mencari persentase dari sebuah angka.

Sekarang, apabila kamu sedang berbelanja baju kemudian menemukan yang sedang mendapatkan diskon sebesar 25% dari harga Rp. 270.000, maka berapakah yang harus kamu bayarkan setelah mendapatkan diskon?

  1. Ambil atau buka kalkulator di smartphone
  2. Masukkan angka 25, kemudian tekan tombol persen. Bisa kamu lihat, kamu mendapatkan hasil 0,25.
  3. Kalikan 0,25 dengan harga asli barang, yaitu Rp. 270.000. Jadinya, 0,25 x 270.000 = 67.500.
  4. Kurangi hasil perkalian tersebut dengan barang yang asli. 270.000 – 67.500 = 202.500
  5. 202.500 adalah harga yang kamu bayar setelah mendapatkan diskon sebesar 25%.

Seperti itulah cara menghitung persen di kalkulator dengan mudah. Tak perlu khawatir jika menemukan diskon baju dari brand favoritmu, karena kamu sudah bisa menghitung nominal diskonnya. Selamat mencoba!

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan