Tahapan Rehabilitasi Sebagai Solusi Pemulihan Kecanduan Narkoba Bagi Pengguna

Rehabilitasi Sebagai Solusi Pemulihan Kecanduan Narkoba

Diketahui rehabilitasi jadi solusi terbaik untuk memulihkan seseorang yang mengalami kecanduan narkoba. Adapun tahap rehabilitasi merupakan upaya efektif untuk penyembuhan dari kecanduan. Karena dalam proses rehabilitasi, para pecandu akan dilatih untuk lebih bisa mengontrol diri dan terbuka kepada dokter maupun sesama pecandu.

Narkoba tentu saja sangat berbahaya untuk setiap orang karena menyebabkan kecanduan dan berpengaruh kepada fisik juga mental pemakai. Untuk tahapan rehabilitasi sendiri terbagi menjadi beberapa tahapan yang harus dilalui agar bisa sembuh dan putus zat.

Tahapan Rehabilitasi Bagi Pecandu

Menurut Solopos ini beberapa tahapan rehabilitasi untuk program pemulihan bagi para pecandu.

Tahapan Rehabilitasi Medis

Yang pertama ada tahapan rehabilitasi medis atau disebut detoksifikasi. Dimana pada tahapan ini dokter akan memeriksa kesehatan pecandu baik fisik ataupun mental. Setelah melewati pemeriksaan, dokter akan memutuskan apakah pasien akan diberi obat-obatan untuk mengurangi gejala kecanduan atau tidak. Biasanya dosis obat tergantung pada jenis narkoba dan intensitas gejala.

Tahapan Rehabilitasi Non Medis

Pada tahapan ini pasien akan mengikuti kegiatan untuk pemulihan. Mulai dari konseling, terapi kelompok hingga bimbingan spiritual dan keagamaan. Pada kegiatan konseling, pecandu diharapkan agar bisa mengenali masalah yang memicu menggunakan narkoba.

Terapi kelompok sendiri bertujuan untuk saling mengenal antara pecandu dan saling berbagi pengalaman serta solusi yang mendukung satu sama lain. Dimana antara pecandu narkoba bisa saling mendukung untuk bisa berhenti dari ketergantungan.

Tahap Bina Lanjut

Disebut juga  sebagai tahap aftercare, dimana pada tahapan ini pasien akan diberikan tahapan tergantung minat dan hobi yang nantinya dilakukan dalam keseharian. Adapun tujuan dari tahapan ini agar setelah pulih pasien bisa kembali bekerja atau sekolah meski masih dalam pengawasan.

Umumnya dokter akan memantau dan juga menilai rehabilitasi pecandu di setiap tahapannya.

Selain beberapa terapi di atas, ada juga metode terapi lainnya yang banyak diterapkan pada pusat rehabilitasi di Indonesia. Misalnya saja cold Turkey, di mana pada metode ini pecandu wajib untuk menghentikan penggunaan obat-obatan dan zat adiktif secara langsung.

Biasanya para pecandu akan dikurung terlebih dahulu dalam beberapa waktu tanpa diberi obat apapun agar bisa secara otomatis menghilangkan gejala sakau. Kemudian setelahnya baru pasien bisa dikeluarkan ke tahap rehabilitasi lainnya. Metode ini adalah metode tertua dan masih sering digunakan sampai sekarang. Untuk proses rehabilitasi bisa sukses, wajib juga memilih pusat rehabilitasi yang tepat dan terbaik.

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan