Tips dan Cara Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

Deniza BlogSetelah melahirkan, banyak ibu yang ingin kembali ke bentuk tubuh semula, salah satunya dengan mengecilkan perut. Karena, mereka tidak merasa percaya diri ketika melihat otot perut yang kendur, kulit bergelambir, dan lemak yang ada di bagian perut.

Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan?

Kenapa perut masih terlihat besar setelah melahirkan?

Anda mungkin telah menggunakan berbagai cara untuk mengecilkan perut pasca melahirkan. Namun, prosesnya yang terasa lama, membuat Anda dan ibu-ibu yang baru saja melahirkan bertanya-tanya. Apa sebabnya?

Sebenarnya, butuh waktu dan cara tersendiri bagi tubuh untuk mengembalikan ukuran perut seperti semula, saat sebelum hamil dan melahirkan. Karena, ukuran perut ketika hamil ikut membesar perlahan seiring dengan pertumbuhan jabang bayi. Setelah melahirkan, ukuran perut yang membesar itu tidak akan bisa langsung mengecil secara tiba-tiba.

Perut membutuhkan beberapa waktu untuk beradaptasi dari ukuran yang besar hingga kembali mengecil nantinya. Jangan khawatir, perut akan bisa kembali ke ukuran awalnya namun proses yang dilaluinya bertahap.

Cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan

Seiring dengan berjalannya waktu, ukuran dan lemak yang ada di perut Anda akan menyusut dengan sendirinya. Namun, untuk mempercepatnya, Anda bisa menerapkan beragam cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

Cara yang bisa Anda lakukan misalnya dengan menerapkan pola makan serta gaya hidup yang sehat. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan sederhana sebagai bentuk usaha melangsingkan perut pasca melahirkan.

Pilih sumber makanan sehat

Perbanyak makan dengan beraneka jenis makanan yang mempunyai sumber karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Sumber makanan tersebut antara lain, sayur mayur, buah-buahan, susu, telur, daging ayam atau daging merah tanpa lemak, dan sebagainya.

Ingat! Anda juga harus memenuhi asupan serat yang dapat membantu melancarkan sistem kerja pencernaan selama tubuh menerapkan cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Dengan begitu, perut Anda tidak akan terasa kembung serta menjaganya tetap langsing dan tidak terlihat membesar.

Keuntungan dari mengkonsumsi berbagai makanan sehat, selain untuk mengurangi lemak perut ialah dapat menyumbangkan sejumlah kandungan nutrisi pada ASI. Bayi pun jadi bisa memperoleh ASI eksklusif yang sehat dan kaya gizi.

Sebaiknya, Anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan ketika masih menyusui. Karena itu akan berefek kepada bayi yang masih membutuhkan ASI sebagai sumber makanannya. Sebagai gantinya, Anda cukup makan makanan yang rendah lemak dan mempunyai asupan zat gizi yang banyak.

Melakukan Olahraga

Rutin melakukan olahraga juga dapat dilakukan sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Olahraga yang dilakukan jangan terlalu berat, Anda cukup melakukan olahraga ringan karena masih dalam tahap pemulihan. Nah, setelah olahraga, Anda bisa gunakan sabun collagen yang bermanfaat untuk mencegah penuaan pada kulit.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai aktivitas fisik agar tidak salah langkah. Bukannya perut kecil yang didapat, mungkin saja ada hal negatif yang berdampak pada kondisi Anda dan bayi.

Biasanya, aktivitas fisik bagi ibu yang baru melahirkan baru dibolehkan setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Anda akan diizinkan melakukan aktivitas fisik sebagai salah satu upaya mengecilkan perut kira-kira sekitar enam minggu sehabis melahirkan.

Minum air putih yang cukup

Anda tidak boleh lupa untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi secara optimal sepanjang hari. Dengan meminum air putih dengan jumlah yang cukup, dapat membantu menjaga elastisitas kulit Anda sekaligus dapat memperlancar program penurunan berat badan.

Secara tidak langsung, kebiasaan ini juga bisa menjadi cara yang lumayan efektif untuk mengecilkan perut pasca melahirkan. Setidaknya, perlu delapan gelas air mineral agar kebutuhan air Anda terpenuhi seharian. Bahkan, Anda membutuhkan lebih dari delapan gelas saat masa menyusui dan menerapkan cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

Nah, itu dia beberapa tips dan cara untuk mengecilkan perut bagi ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Dalam menjalani prosesnya, jangan terlalu dibuat stres dan pusing apabila tidak membuahkan hasil dalam waktu yang cepat. Sebab, bayi Anda juga masih memerlukan asupan dari ibunya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan