5 Alasan Mengapa Virtual Account Penting Untuk Kelancaran Bisnis

Virtual Account Penting Untuk Kelancaran Bisnis

Di era digital seperti saat ini, sudah banyak e-commerce dan berbagai bisnis lainnya yang menerapkan sistem pembayaran secara online. Sistem pembayaran non-tunai bisa dibilang sangat menguntungkan bagi para konsumen atau pelanggan sebab proses pembayaran yang bisa mereka lakukan dengan mudah dan cepat.

Salah satu sistem pembayaran online yang sering kita jumpai adalah virtual account. Virtual account merupakan rekening yang bersifat virtual. Maksudnya, pembayaran ini menawarkan keuntungan yang sama kepada perusahaan seperti struktur rekening bank fisik, hanya saja dikemas dengan konsep virtual tanpa biaya admin pembuatan dan minimum saldo awal.

Akun ini terdiri dari nomor ID nasabah yang dibuat oleh pihak bank. Virtual account bisa dibuat sesuai dengan permintaan perusahaan untuk melakukan suatu transaksi.

Transaksi melalui metode ini akan memudahkan kita dalam menjalankan bisnis. Berikut alasan mengapa sebuah bisnis membutuhkan virtual account. Simak baik-baik, ya!

Verifikasi Pembayaran Cepat dan Praktis

Ada beberapa perbedaan dari transfer uang secara manual dan melalui virtual account. Pada transfer manual, biasanya dilakukan konfirmasi pembayaran atau pengiriman uang secara manual oleh bank. Konfirmasi tersebut akan diterima dalam bentuk bukti transfer seperti struk atau notifikasi dari e-banking.

Sedangkan virtual account melakukan verifikasi dan konfirmasi transaksi secara otomatis. Sehingga, kita tidak perlu menunggu konfirmasi pembayaran dari pelanggan. Sebab, pendeteksian akan langsung terjadi ketika transaksi berhasil dilakukan.

Proses Rekonsiliasi Mudah

Layanan satu ini tentu akan membantu kita dalam melakukan rekonsiliasi. Karena, akses laporan transasi telah terdata secara lengkap dan jelas tanpa perlu mengganti sistem pada perusahaan.

Alat Identifikasi Pembayaran Berupa Kode Unik

Pada virtual account, terdapat suatu kode unik yang berfungsi sebagai alat identifikasi bahwa sumber dana berasal dari rekening pelanggan.

Umumnya, terdapat dua jenis virtual account, yakni fixed virtual account yang nomor akun virtual uniknya ditentukan oleh pelanggan dan non-fixed virtual account di mana nomor akun virtual ditentukan secara acak, yang hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi.

Dengan adanya kode unik tersebut, maka transaksi atau pembayaran dari pelanggan bisa segera dikonfirmasi lebih cepat.

Kustomisasi Akun Sesuai Kebutuhan

Virtual account bisa dibuat dan diatur sesuai dengan kebutuhan bisnis. pengaturan tersebut meliputi jenis penggunaan virtual account, limit penerimaan uang serta untuk berapa kali penggunaan akun tersebut.

Dapat Melakukan Transfer dari Akun Bank yang Berbeda

Keunggulan paling penting dari virtual account ialah pelanggan tidak harus mempunyai rekening bank yang sama dengan rekening bisnis milik kita.

Fitur tersebut jelas akan memudahkan para pelanggan untuk melakukan transfer dan juga membantu meningkatkan penerimaan pembayaran.

Seperti yang kita tahu, virtual account lebih sering digunakan oleh perusahaan atau bisnis besar. Namun, bagi pemilik usaha berskala kecil juga bisa menggunakannya. Untuk lebih mudah mengatur penggunannya, bergabunglah dengan layanan Midtrans.

Midtrans adalah payment gateway yang tidak hanya memberikan kemudahan untuk menerima berbagai macam metode pembayaran, namun juga memudahkan kita dalam proses integrasi dan pengaturannya.

Memilih metode pembayaran melalui virtual account merupakan solusi tepat bagi yang menginginkan transaksi yang cepat, mudah dan juga aman. Melalui Midtrans, pembayaran pelanggan lewat virtual account bisa dilakukan berbagai bank, di antaranya adalah BCA dan BRI Virtual Account (BRIVA).

Bagaimana? Tertarik untuk bergabung? Untuk pendaftaran sama sekali tidak dipungut biaya, lho! Ayo segera gunakan layanan virtual account di Midtrans agar lebih memudahkan kita dalam menjalankan bisnis. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa dilihat di midtrans.com. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan