5 Tips Sukses Menjalankan Loyalty Program Untuk Bisnis Anda

tips sukses menjalankan loyalty program

Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda sudah paham bahwa pelanggan menjadi salah satu kunci agar bisnis bisa berkembang dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Tidak mudah pastinya, tapi Anda perlu mengusahakan banyak hal agar pelanggan tetap setia dengan bisnis Anda.

Tips Menjalankan Loyalty Program 

Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah membuat loyalty program yakni reward yang diberikan khusus untuk pelanggan. Selain mendapatkan pelanggan yang loyal dengan bisnis, adanya loyalty program ini juga memberikan berbagai manfaat bagi bisnis, seperti menghemat biaya promosi, meningkatkan pembelian, meningkatkan brand awareness, dan manfaat lainnya.

Program loyalitas ini bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai cara, Anda hanya perlu menyesuaikan mana cara yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Beberapa contoh loyalty program yaitu membership, voucher diskon atau voucher hadiah, mengumpulkan poin, referral, kode promo, reward  berdasarkan pembelian, dan lainnya.

Agar bisnis Anda sukses dalam menjalankan loyalty program ini, maka Anda perlu menerapkan beberapa tips terlebih dahulu, diantaranya adalah,

  1. Bangun hubungan baik dengan pelanggan

Untuk memperhatikan loyalitas pelanggan, Anda perlu membangun hubungan yang baik, berikan apresiasi sebagai bentuk rasa terima kasih kepada pelanggan, seperti penyebutan nama yang tepat, mengadakan giveaway, pemberian hadiah, dan lainnya.

  1. Tawarkan layanan pelanggan yang berkualitas

Untuk mempertahankan kepuasan dan kesetiaan pelanggan, Anda perlu menawarkan pelayanan yang berkualitas. Terkadang saat akan menggunakan produk atau jasa tertentu, pelanggan akan mengajukan banyak pertanyaan hingga yakin akan melakukan transaksi, sebagai pemilik bisnis Anda perlu menjawab semua pertanyaan tersebut dengan ramah, sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan Anda.

  1. Buat pelanggan merasa sebagai VIP member

Pelanggan memang perlu diperlukan dengan baik, Anda perlu melakukan berbagai strategi agar pelanggan merasa menjadi member yang spesial bagi bisnis Anda. Salah satunya adalah membuat VIP membership, dimana pelanggan yang memiliki membership ini akan mendapatkan keuntungan lebih banyak dibandingkan pelanggan yang tidak bergabung membership.

  1. Berikan poin di setiap transaksi 

Setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan, Anda bisa memberikan reward berupa poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah, diskon, voucher, dan lainnya.

  1. Berikan hadiah menggunakan referral 

Jika pelanggan Anda berhasil merekomendasikan bisnis Anda kepada pelanggan baru hingga pelanggan baru tersebut melakukan transaksi, Anda bisa memberikan hadiah yang menguntungkan.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar loyalty program bisa berjalan dengan sukses.

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan