Dampak dari Kesalahan dalam Pengelolaan Limbah B3

dampak dari kesalahan dalam pengelolaan limbah B3
source: st3.depositphotos.com

Menjalankan program pengelolaan limbah B3 memang bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, perlu pelatihan limbah B3 agar pekerja yang bertanggung jawab akan hal tersebut mampu memenuhi syarat dan standar yang tinggi.

Ketika suatu perusahaan mempunyai manajemen limbah secara internal, maka perusahaan harus memastikan bahwa semua elemen mematuhi peraturan yang berlaku. Pastinya, hal ini bisa menghindarkan perusahaan dari kesalahan dalam pengelolaan limbah B3.

Sebenarnya, apa saja dampak dari kesalahan pengelolaan limbah B3 di perusahaan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Hasil Inspeksi yang Tidak Baik

Saat limbah B3 perusahaan tidak terkelola dengan baik atau tidak menaati aturan yang berlaku maka, inspeksi oleh pihak terkait akan menunjukkan hasil yang kurang baik. Pastinya, hal ini akan mengakibatkan kerugian pada perusahaan karena adanya denda yang harus terbayar.

Selain itu, reputasi perusahaan juga terganggu. Jika hal ini sering terjadi, perusahaan bisa mengalami kegagalan operasional atau tutup.

Pengeluaran

Hasil inpeksi yang tidak baik karena pengelolaan limbah B3 yang salah bisa berujung pengeluaran yang berlebihan. Apabila ada pekerja yang mengalami kecelakaan karena limbah B3 yang tidak terkelola, perusahaan akan mengeluarkan biaya lagi untuk perawatan dan perbaikan.

Pekerja Rentan terhadap Resiko

Ledakan , api, tumpahan, maupun eksposi dari zat kimia beracun menjadi beberapa risiko yang sangat mungkin terjadi pada pekerja jika perusahaan tidak memiliki sistem pengelolaan limbah B3 yang baik.

Tentunya, keadaan ini sangat membahayakan pekerja atau orang lain yang berada dalam area limbah. Bahkan, nyawa juga bisa menjadi taruhannya jika pengelolaan limbah tidak segera diperbaiki.

Bahaya pada Lingkungan

Tidak hanya manusia, limbah B3 yang terkelola dengan sembarangan juga bisa membahayakan lingkungan sekitarnya. Kontaminasi, polusi, dan lindi merupakan dampak buruk yang akan merugikan lingkungan.

Pastinya, masyarakat sekitar tidak ingin lingkungannya terganggu dengan hasil produksi perusahaan berupa limbah B3.

Oleh sebab itu, sebagai langkah baik untuk memastikan waste management berjalan dengan lancar, maka siapkan sumber daya perusahaan yang handal dalam pengelolaan limbah B3. Salah satu cara meningkatkan kemampuan pengelolaan limbah B3 adalah dengan mengikuti pelatihan dari Formasi Bisnis Indonesia.

Pelatihan ini membantu para pekerja yang bertanggung jawab mengelola limbah B3 mampu melakukan inventaris dan penilaian dalam pemanfaatan limbah di perusahaan. Selain itu, pekerja juga mampu menyusun rencana strategis dan beragam program untuk mengurangi dan memanfaatkan limbah.

Untuk informasi lebih detail mengenai sertifikasi pengelolaan limbah B3, Anda bisa langsung mengunjungi formasibisnis.com. Semoga membantu!

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan