Jenis Alat Pertanian Modern untuk Tingkatkan Hasil Tani

jenis alat pertanian modern
source: ds393qgzrxwzn.cloudfront.net

Pertanian telah mengalami perkembangan pesat selama beberapa dekade terakhir, terutama berkat kemajuan teknologi. Alat pertanian modern telah memainkan peran krusial dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keberlanjutan dalam sektor pertanian.

Petani sekarang ini tidak perlu menggunakan peralatan tradisional lagi, karena alat pertanian modern mampu meningkatkan hasil tani menjadi lebih baik lagi. Berikut ini adalah beberapa jenis alat pertanian modern dan fungsinya. Simak baik-baik, ya!

Traktor

Kamu pasti tahu traktor, alat berat yang biasanya digunakan petani untuk mengolah lahan pertanian. Seperti mobil, ban luar traktor juga perlu dirawat. Petani perlu mengetahui supplier ban terpercaya agar ban traktornya bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.

Ada tiga jenis traktor yang sering digunakan untuk pertanian, di antaranya traktor besar, traktor, mini dan traktor tangan. Umumnya, petani perorangan menggunakan traktor mini dan traktor tangan. Sedangkan jenis traktor besar digunakan para petani yang memiliki lahan luas, seperti perkebunan.

Rotavator

Rotavator adalah alat pertanian modern yang fungsinya sama seperti traktor, yakni mengolah tanah. Bedanya, alat ini digunakan untuk dua tahap pengolahan.

Tahap pengolahan pertama yakni memecah tanah dengan cara membolak-balikkan tanah, sementara tahap kedua untuk merapikan tanah sekaligus menghancurkan tanaman liar yang mengganggu di lahan.

Garu Piring dan Garu Sisir

Garu piring merupakan alat berat yang digunakan dalam pertanian, fungsinya untuk mencabut rumput-rumput liar di tanah sebelum petani mulai melakukan penanaman benih.

Sedangkan garu sisir, digunakan setelah tanah diolah dengan menggunakan bajak singkal. Garu sisir ini biasanya digunakan saat sawah dalam keadaan basah agar tanahnya bisa gembur.

Combine Harvester

Alat pertanian modern satu ini fungsinya ialah sebagai pemotong, pemegang, perontok hingga pembersih untuk hasil tani mau pun tanah.

Untuk petani berskala kecil, combine harvester akan dioperasikan oleh dua orang. Satu orang mengendalikan mesin dan satunya memegang hasil panen. Combine harvester ini juga bisa digunakan untuk pertanian skala besar, di mana petani cukup mengoperasikan melalui mesin kemudi.

Itulah beberapa jenis alat pertanian modern yang bisa meningkatkan hasil pertanian para petani, baik skala kecil maupun besar. Peralatan tersebut bisa kamu beli di Gokomodo. Gokomodo adalah platform distributor berbagai macam alat perkebunan, material umum dan masih banyak lagi.

Corporate Commerce satu ini akan membantu kamu menemukan produk berkualitas dengan harga terbaik serta mengirimkan barang dengan cepat dan aman. Informasi selengkapnya bisa kamu lihat melalui laman gokomodo.com. Semoga bermanfaat, ya!

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan