Ketahui Bagaimana Mengatasi Kecanduan Narkoba?

Mengatasi Kecanduan Narkoba

Bahaya narkoba dampaknya cukup banyak, tidak hanya untuk pecandu dan keluarganya tapi juga ke masyarakat. Oleh karena itu jika Anda memiliki keluarga atau kerabat yang mengalami kecanduan narkoba, secepatnya dilakukan rehabilitasi untuk mengatasi kecanduan tersebut.

Adapun terapi bisa jadi salah satu cara pengobatan yang digunakan saat rehabilitasi kecanduan narkoba. Umumnya ada beberapa terapi yang bisa diberikan ke pecandu dengan perawatan yang berbeda-beda berdasarkan kebutuhan dan tingkat keparahan kecanduan.

Terapi Kecanduan Narkoba

Menurut Radar Jogja, berikut ini beberapa terapi yang biasanya diberikan untuk kecanduan narkoba yang paling umum.

CBT atau Cognitive Behavioral Therapy

Merupakan jenis terapi yang sering dilakukan untuk berbagai jenis kecanduan. Umumnya tidak hanya terapi untuk pecandu narkoba, tapi juga kecanduan makanan bahkan kecanduan alkohol.

CBT dilakukan dengan membantu pecandu mengenali pola perilaku tidak sehat dan belajar identifikasi pemicu kecanduan. CBT cukup bagus untuk mengembangkan solusi dan mengatasi kecanduan, lalu dikombinasikan dengan jenis terapi lain.

REBT atau Rational Emotive Behavior

REBT merupakan terapi bagi pecandu agar bisa mengenali pikiran negatif. Adapun terapi ini dapat membantu para pecandu narkoba untuk sadar bahwa kekuatan pikiran rasional, ada di diri sendiri. Sehingga tidak bisa dipengaruhi oleh situasi eksternal atau stressor.

Terapi Obat-obatan

Berikutnya ada terapi dengan obat-obatan yang biasanya dikombinasikan dengan terapi lain. Adapun obat-obatan ini digunakan untuk mengurangi keinginan kecanduan, memperbaiki mood dan mengurangi perilaku adiktif.

Terapi Individu, Kelompok dan Keluarga

Berikutnya ada terapi yang bisa dilakukan secara individu dalam format satu lawan satu, dengan kelompok, teman sebaya dan juga partisipasi dari keluarga.  Adapun jenis terapi ini juga bisa melibatkan siapa saja yang memang punya keterkaitan dengan kehidupan pecandu.

Terapi 12 Langkah

Adapun terapi ini banyak digunakan untuk pengobatan penyalahgunaan alkohol dan narkoba di Amerika Serikat. Terapi 12 langkah adalah terapi kelompok pengakuan bahwa kecanduan punya konsekuensi negatif tidak hanya dari sisi sosial, emosional, spiritual dan fisik juga.

CM atau Contingency Management Therapy

Merupakan terapi yang bisa mengobati banyak gangguan kecanduan. Terapi ini bisa diberikan kepada orang yang kecanduan narkotika, alkohol dan tembakau. Terapi bertujuan untuk membuat perilaku positif pecandu dan menciptakan ketenangan serta mengontrol gejala kecanduan.

Itu tadi beberapa jenis terapi yang bisa dilakukan untuk Anda yang mengalami kecanduan narkoba. Dimana pada beberapa terapi juga bisa digunakan untuk jenis kecanduan lainnya seperti alkohol, bahkan kecanduan makanan tertentu.

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan