Ketahui Lebih Banyak Mengenai Cara Kerja Bitcoin

mengenal lebih dalam cara kerja bitcoin

Pasti istilah Bitcoin pernah terdengar di telinga anda. Bitcoin merupakan salah satu koin kripto yang cukup populer di tengah masyarakat luas. Namun, bagi anda yang ingin berinvestasi atau membeli bitcoin, wajib untuk anda ketahui lebih dalam mengenai bitcoin.

Berikut pengertian, cara kerja, hingga harga bitcoin hari ini yang dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin merupakan mata uang digital yang dibuat pada Januari 2009 setelah anjloknya pasar perumahan. Koin ini diciptakan oleh sosok misterius bernama samaran Satoshi Nakamoto. Pembuat bitcoin hingga saat ini masih menjadi misteri, entah diciptakan oleh individu maupun sekelompok orang belum diketahui.

Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik yang terwujud, hanya ada nominal saldo yang ada pada buku besar publik yang dapat diakses oleh publik. Berbeda dengan mata uang keluaran pemerintah, bitcoin menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah dan dioperasikan oleh otoritas terdesentralisasi.

Cara Kerja Bitcoin

Berikut penjelasan mengenai cara kerja dari bitcoin:

Trading

Kegiatan ini berisikan jual beli koin Bitcoin atau disebut BTC dengan harga lebih dibandingkan dengan harga saat pembeliannya. Trading ini pada umumnya dilakukan dalam jangka waktu pendek.

Mining

Mining bitcoin merupakan kegiatan memperoleh bitcoin dengan cara kerja menggunakan blockchain. Kemudian, blockchain memverifikasi transaksi ini secara bersamaan dalam kelompok, dan selanjutnya ditambahkan pada rantai blok yang terverifikasi.

Investasi

Investasi bitcoin memiliki cara kerja layaknya trading. Hanya saja berbeda pada rentang waktu. Investasi dilakukan dengan membiarkannya dalam rentang waktu lama sehinggga menghasilkan laba.

Perkembangan Bitcoin

Bitcoin dimulai pada tahun 2007 oleh seorang misterius bernama Satoshi Nakamoto. Selanjutnya pada tanggal 18 Agustus 2008, domain Bitcoin.org oleh entitas misterius sebagai pendahulu dari badan kerja yang menjelaskan mengenai protokol kinerja bitcoin didaftarkan.

Transaksi bitcoin pertama kali dilakukan untuk barang fisik terjadi di tanggal 22 Mei 2010. Bitcoin pizza dibeli dengan harga 10.000 BTC oleh Laszo Hanyecz. BTC pernah ditawarkan oleh seorang  programmer kepada pengguna pada forum Bitcointalk.org menggunakan imbalan dua pizza. Jeremy Sturdivant menerima Bitcoin dan mengirim Hanyecz dua pizza dari Papa John’s.

Transaksi di atas adalah sejarah lucu Bitcoin, namun mengejutkan mengingat apa yang dapat kita beli menggunakan jumlah bitcoin yang sama hari ini dan kerap dijadikan sebagai referensi guna kenaikan nilai mata uang crypto.

Harga Bitcoin

Harga bitcoin terkini mencapai Rp 260.542.122 juta. Anda dapat melihat harga bitcoin hari ini di triv.co.id dan dapat mengamati pergerakan harga koin BTC pada aplikasi  yang menampilkan line ataupun candle secara real time.

Harga koin BTC terhadap rupiah terus berubah-ubah, sehingga anda harus mengkonversikan koin BTC ke rupiah begitupun sebaliknya menggunakan kalkulator mata uang. Kalkulator ini akan mempermudah anda dalam menghitung jumlah bitcoin yang dapat anda peroleh hanya dengan saldo deposit anda.

Di sini juga terdapat banyak blog tentang bitcoin yang pastinya lengkap dan jelas. Yuk kunjungi triv.co.id sekarang dan bertransaksi koin BTC dengan mudah!

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan