Komponen Penting yang Harus Ada Dalam Panel Listrik

Panel Listrik

Penggunaan peralatan kelistrikan ternyata sangat luas, mencakup semua lini kehidupan masyarakat. Di perumahan, gedung dan lain-lain pasti menggunakannya. Saat ini, listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus ada.

Pasalnya, hampir semua benda perlu listrik agar bisa bekerja. Seperti lampu, AC, peralatan masak, komputer dan sebagainya. Di sinilah peran distributor schneider Jakarta untuk memenuhi kebutuhan listrik dengan membuat panel listrik.

Dalam panel listrik, terdapat beberapa komponen penting yang harus ada. Apa saja, ya? Yuk langsung disimak!

MCCB (Moulded Case Circuit Breaker)

Komponen pertama adalah Moulded Case Circuit Breaker atau MCCB. Fungsinya sebagai pengaman ketika terjadi hubung singkat dan beban yang berlebih. Jadi, kerusakan bisa diminimalisir akibat short circuit yang bisa menimbulkan bunga api.

Jika tidak ada pengaman, maka berpotensi terjadi kebakaran akibat bunga api tersebut. Batas urus beban yang bisa dijangkau mulai 100 hingga 1.600 ampere. Biasanya, MCCB digunakan sebagai pengaman listrik 3 phase.

MCB (Miniature Circuit Board)

MCB memiliki fungsi serupa MCCB, yakni sebagai pembatas arus jika tiba-tiba terjadi hubung singkat atau beban melebihi batas. Bedanya, komponen satu ini hanya terbatas untuk arus dengan nilai kecil. Arus batasnya tidak lebih dari 100 ampere.

RCCB, GFCI dan ELCB

Komponen lain yang tidak kalah penting adalah RCCB, GFCI dan ELCB. RCCB (Residual Current Circuit Breaker) adalah pengaman yang berperan sebagai pemutus aliran listrik ketika terjadi gangguan, misalnya seperti kebocoran arus.

Ground Fault Circuit Interrupter atau GFCI ini berfungsi menghentikan daya listrik menuju sirkuir saat arus mengalami kelebihan beban. Dan ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker adalah pengaman listrik dari risiko kebocoran arus.

Berdasarkan fungsi yang telah disebutkan, semuanya merupakan komponen pengaman sama seperti MCB. Perbedaannya, variasi circuit breaker ini mempunyai reaksi yang lebih cepat dibandingkan dengan MCB

CT

CT (Current Transformer) juga merupakan komponen yang akan terpasang di panel listrik. Fungsinya sebagai pengubah besaran arus menjadi kecil atau sebaliknya, sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi lainnya adalah sebagai pengama listrik saat tiba-tiba muncul kejutan arus secara berlebihan. Contohnya, aliran listrik akan mendadak mati karena mengalami daya yang berlebih.

Ada satu lagi komponen penting yang harus ada dalam panel listrik, yaitu Grounding. Salah satu distributor mcb schneider Jakarta terbaik adalah Mikmar Gracindo. Perusahaan kelistrikan ini juga menyediakan layanan LV Panel, Control Panel, Lighting Panel dan sebagainya.

Kunjungi laman mikmargracindo.com untuk mengetahui informasi selanjutnya. Atau bisa hubungi di nomor +(62) 8118847345. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan