Punya Perhiasan Berlian? Berikut Tips Merawatnya

Memiliki perhiasan berlian istimewa merupakan suatu kebanggaan. Terlebih dengan perhiasan tersebut, kita bisa tampil lebih menawan dan elegan setiap saat. Ditambah berlian tersebut hadiah dari kesayangan, pasti semakin enggan untuk dilepas.

tips merawat perhiasan berlian

Akan tetapi, perhiasan berlian dalam bentuk apapun seperti kalung, cincin, gelang dan sebagainya jangan dipakai terus-terusan. Kita perlu merawatnya dengan baik agar kilau berlian tetap terpancar.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat perhiasan berlian yang bisa kita praktikkan. Simak baik-baik, ya!

Hindarkan dari Paparan Bahan Kimia

Berlian tidak boleh dibersihkan dengan sembarang cairan, termasuk bahan kimia yang biasanya terkandung dalam parfum, lotion, kosmetik hingga skincare. Sebaiknya, jauhkan perhiasan berlian dari produk-produk tersebut.

Ini karena paparan bahan kimianya bisa meninggalkan residu pada permukaan berlian. Jika terpapar secara terus menerus, berlian bisa jadi memudar dan kehilangan kilaunya. Kita bisa menghindarinya dengan cara gunakan perhiasan berlian setidaknya lima menit setelah memakai produk-produk di atas.

Lepas Perhiasan saat Berenang

Kita biasanya lupa melepas anting dan cincin berlian saat berenang. Tidak hanya berisiko jatuh, namun kandungan klorin pada air kolam renang juga bisa memberikan dampak yang buruk.

Klorin mudah bereaksi dengan emas yang digunakan sebagai tempat untuk mengikat berlian. Ketika terus-terusan terpapar klorin, logam emas akan menjadi lunak. Sehingga, bisa mengakibatkan berlian terlepas dan berakhir hilang karena sulit ditemukan.

Simpan Perhiasan Berlian di Kotak Khusus dan Terpisah

Agar berlian tetap terawat dengan baik, simpanlah berlian pada kotak terpisah. Jika bisa, gunakan kotak yang dibuat khusus untuk menyimpan perhiasan berlian. Jangan mencampur semua perhiasan berlian, baik itu cincin, anting dan lainnya dalam satu kotak.

Hal tersebut perlu dihindari karena bisa menyebabkan gesekan sekaligus bisa mengurangi kualitas berlian. Mungkin kita tidak bisa melihatnya karena goresannya sangat kecil. Namun, saat dicek menggunakan alat khusus, akan ditemukan cacat atau kerusakan akibat gesekan tidak terduga.

Demikianlah beberapa cara atau tips merawat perhiasan berlian agar tetap awet dan tahan lama. Pastinya tidak mau ‘kan berlian dari kesayangan memudar kilaunya karena kita tidak merawatnya dengan baik?

Apabila ingin mengetahui informasi menarik dan lebih banyak terkait berlian, jangan lupa untuk mengunjungi ladiestory.id.

Selain berlian, kita bisa memperoleh banyak info seputar kecantikan, fashion, kesehatan hingga berita paling viral di media sosial. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan