Skill yang Harus Dimiliki Sarjana dalam Menghadapi Society 5.0

Indonesia sendiri harus bersiap menuju Society 5.0 yang merupakan kelanjutan dari revolusi industri 4.0, sebagai negara berkembang. Seperti diketahui saat ini kegiatan industri di Indonesia semakin meningkat peralihannya ke bentuk digital. Ini tentu sekaligus memunculkan banyak lapangan pekerjaan dengan jenis yang baru.

Di satu sisi meski terdapat banyak pilihan jenis lapangan pekerjaan baru namun tantangan terbesar adalah sulitnya mencari tenaga kerja yang punya talenta digital. Meski setiap tahun ada lulusan baru dari berbagai universitas terbaik di Jakarta dan seluruh wilayah di Indonesia, namun belum diimbangi dengan kemampuan digital para lulusannya.

Apa Yang Harus Dimiliki Untuk Punya Skill Digital

Menurut Dr. (H.C) Ignasius Jonan pada pidatonya di wisuda ke-7 Universitas Pertamina mengatakan bahwa perusahaan punya tujuan yang ditentukan oleh tiga hal. Yang pertama adalah apa yang dibutuhkan oleh dunia, keunikan dari perusahaan dan bagaimana perusahaan bisa menghasilkan nilai ekonomis.

Menurutnya pula lulusan baru dari Universitas Pertamina dan juga universitas lainnya harus paham pada kebutuhan industri. Misalnya di industri 4.0, Anda harus paham bahwa skill yang dimiliki tidak hanya terkait jenis pekerjaan yang dibutuhkan dan diinginkan saja tapi juga harus dibarengi dengan kemampuan digital.

Bahkan ada sebuah survei yang mengatakan bahwa saat ini skill digital yang paling dicari adalah social media skill, digital marketing, pengembangan software, pemrograman website dan aplikasi serta RPL atau rekayasa perangkat lunak.

Ada juga pidato dari Dr. (H.C.) Enggartiasto Lukita yang menyebutkan bahwa pengetahuan yang dimiliki di bangku kuliah tidak hanya cukup untuk masuk ke dunia kerja. Para lulusan baru harus memiliki banyak pengetahuan digital dan penting untuk punya kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi dan juga kreativitas.

Semua kebutuhan akan skill digital untuk menghadapi Society 5.0 sebagian besar sudah dijalankan oleh Universitas Pertamina dengan program untuk mengasah skill dan kompetensi wisudawan. Kampus swasta unggulan ini meningkatkan daya serap para lulusannya dengan penyelenggaraan berbagai program.

Mulai dari program digitalisasi pendidikan, dagang di industri hingga inkubasi bisnis. Harapannya tentu saja untuk membantu para lulusan bisa diterima kerja. Kemudian selain mudah masuk ke dunia kerja, diharapkan juga para lulusan bisa berwirausaha hingga melanjutkan studi dengan baik setelah lulus.

Bahkan untuk mendukung program-program tersebut UPER sudah bekerja sama dengan universitas dalam negeri maupun luar negeri dan juga menyediakan banyak jenis beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Beasiswanya saja sekitar 24 miliar rupiah.

Untuk yang tertarik dengan Universitas Pertamina ini siapkan diri untuk ikuti seleksi mahasiswa baru di tahun akademik 2022/2023. Atau akses ke website resmi universitaspertamina.ac.id.

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *