Tips Agar Anak Tidak Mudah Mengantuk Saat Sekolah Online!

Sekolah online menjadi tantangan sendiri untuk anak karena akan ada kondisi di mana anak bosan, malas hingga mudah mengantuk. Biasanya di kelas offline, anak akan berinteraksi dengan banyak orang mulai dari siswa lain dan juga guru. Siswa jadi jauh lebih aktif sehingga rasa kantuk juga jarang muncul. Lalu bagaimana mengatasi anak yang suka mengantuk saat kelas online?

Rasa kantuk yang muncul tentu akan membuat anak jadi sulit menerima materi pelajaran dari guru. Berikut ini beberapa tips agar anak tetap bisa terjaga ketika belajar online.

Tidur Cukup

Pastikan bahwa anak Anda tidak terjaga saat malam hari sehingga tidurnya cukup. Hal ini bisa berdampak, anak jadi tidak mengantuk saat belajar online. Anak harus tidur minimal 9 sampai 8 jam untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Jadi sebaiknya harus tidur lebih cepat dan juga tepat waktu setiap harinya. Bantu anak untuk tetap nyaman dan tidak tertekan agar bisa punya kualitas tidur yang baik. Misalnya dengan membaca dongeng sebelum tidur atau menghindari makanan dengan kandungan kafein.

Buat Suasana Nyaman

Anak-anak menghadapi sekolah online wajar jika mengalami kebosanan. Maka dari itu orang tua punya peran untuk membuat anak tetap nyaman. Misalnya dengan mengganti suasana pada ruangan yang biasa digunakan anak kelas online. Seperti mendekorasi kamar supaya tetap nyaman, agar anak tidak mudah mengantuk saat kelas online.

Atau bisa juga dengan mengganti suasana dengan berpindah dari kamar ke ruangan yang lebih fresh. Misalnya memilih belajar online di teras rumah belakang atau ruang tamu. Pastikan bahwa ruang tersebut punya sirkulasi udara yang baik dan juga pencahayaan yang cukup. Justru akan membuat anak jadi cepat mengantuk.

Miliki Waktu Tidur Siang

Anak tentu punya batas lelah yang lebih cepat daripada orang tua. Untuk itu, biarkan anak memiliki waktu tidur siang 30 menit sampai satu jam. Anak tidak boleh terlalu lama dibiarkan tidur siang karena akan mengurangi kewaspadaannya dan konsentrasi.

Terlebih untuk waktu tidur siang yang cukup lama, akan membuat anak jadi sulit tidur saat malam hari. Hal ini tentu tidak boleh dilakukan karena bisa mengurangi jam tidur anak dan membuatnya mengantuk di siang hari saat belajar online.

Hindari Kelas Online Sambil Rebahan

Karena belajar di kelas online fleksibel bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja terkadang anak memilih untuk rebahan saat masuk kelas. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan, sebab saat berbaring apalagi di tempat tidur membuat anak mudah mengantuk. Bahkan beberapa anak ada yang sampai ketiduran.

Suruh anak untuk belajar sambil duduk layaknya belajar di kelas offline. Tuliskan tempat duduk yang nyaman saat kelas online agar anak tetap ada fokusnya.

Minum Air Dingin

Ternyata hidrasi malah membuat anak jadi kelelahan dan mudah mengantuk. Maka dari itu orangtua harus bantu anak tetap terhidrasi dengan konsumsi air putih yang dingin. Air minum yang dingin ini membantu anak merasa segar dan menghilangkan rasa ngantuk.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu anak tidak mengantuk selama sekolah online. Orang tua tentu saja adalah satu-satunya yang harus memahami kebutuhan anak saat belajar online.

Karena berbagai tantangan yang muncul saat kelas online, membuat platform Pijar Sekolah menuangkan ide atau gagasan dengan berbagai media belajar dengan sistem pembelajaran digital. Pijar Sekolah menyediakan konten edukasi, video pembelajaran sampai laboratorium maya.

Untuk memudahkan ujian, Pijar juga menyediakan ujian sekolah berbasis komputer yang hampir sama dengan UNBK. Dimana hasil ujian anda akan langsung keluar sesaat setelah ujian selesai dilakukan. Untuk berlangganan Pijar Sekolah, anda bisa dapatkan informasi selengkapnya di pijarsekolah.id.

List Blog Keren Rajabacklink

Related Posts

Tinggalkan Balasan